PEDOMAN PENILAIAN DAN KENAIKAN KELAS MURID SMA ISLAM AL AZHAR 1 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015


A. Pedoman Umum

Nilai harian diambil tiap-tiap nilai ulangan per KD. Dalam pelaksanaannya setiap tes boleh lebih dari satu KD. Nilai kognitif dan psikomotor ditulis dalam bentuk angka 0 - 100. Nilai afektif berdasarkan penilaian tiap-tiap guru bidang studi dinyatakan dalam huruf yang merupakan konversi dari nilai dengan rentang.

  1. Amat Baik , rentang nilai 91 - 100
  2. Baik , rentang nilai 76 - 90
  3. Cukup , rentang nilai 61 - 75
  4. Kurang , rentang nilai di bawah 60.

Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ditentukan oleh tim bidang studi berdasarkan analisis KKM sebelumnya

Setiap KD diperkenankan memiliki KKM yang berbeda.

KKM mata pelajaran minimal 80.

KKM dalam rapot merupakan nilai rata-rata KKM setiap SK.

Penilaian kognitif diambil dari tugas, ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan semester / ulangan kenaikan kelas.

Susulan Ulangan Harian diberikan kepada murid yang tidak hadir pada saat ulangan dengan dibuktikan oleh surat keterangan yang jelas dari orang tua/dokter/institusi yang terkait.

II. kelas X dan XI

Nilai harian terdiri dari penilaian aspek sikap (afektif), pengetahuan(kognitif) dan keterampilan (Psikomotor).

Kriteria nilai aspek sikap adalah sebagai berikut :

Sangat Baik (SB) 4 80 - 100 Selalu terlihat sikap yang baik dalam pergaulan dengan warga sekolah
Baik (B) 3 70 - 79 Sering terlihat sikap yang baik dalam pergaulan dengan warga sekolah